Pernahkah kau merasakan hal ini:
merasa asing duduk dengan teman sendiri
merasa jauh dari segala yang dekat
merasa kurang
merasa aneh
merasa malas melakukan apa saja

satu hal yang pe;ajari dari hal-hal itu. Ada dua penyebabnya menurutku.
Pertama, aku kurang bersyukur. itu membuatku jadi lupa bahwa hidup ini untuk menysyukuri yang telah terjadi dan bahkan yang akan terjadi. Aku seringkali merasakannya, tidak bersyukur, selalu mengeluh dan seringkali merasa tidak cukup.
cukup lama aku biarkan perasaaan-perasaan buruk itu menjajah hari-hariku sampai pada suatu ketika aku menemukan buku untuk dibaca. buku tentang filsafat untuk pemula. dan menurutku satu hal lagi yang membuatku menyadari kekurangannku selama ini adalah karena aku sudah mulai jarang membaca. betapa pentingnya ternyata membaca, selama ini aku membaca hanya untuk mengisi waktu luang. ternyata aku salah. membaca itu suatu kewajiban.

Komentar

Postingan Populer