Suatu hari aku mengikuti sebuah acara yang berlangsung 3 hari 2 malam di daerah Yala, aku naik mobil yang dikendarai oleh seorang dosen dan keluarganya. Mereka menumpangiku, tetapi kadang aku suka juga naik Song Teuw atau sebut saja angkot khas Thailand. Aku suka bersama teman-teman yang lain berdiri di bagian belakang Song Teus sambil berpegangan pada bagian belakang kendaraan itu. Setelah lelah, baru aku akan kembali ke dalam mobil yang dikendarai oleh Pak Dosen dan keluarganya. Haha egois sekali rasanya, tetapi itu adalah liburan yang begitu menyenangkan. Setelah itu aku mengunjungi beberapa rumah teman yang ada di Yala, aku lupa, mungkin sekitar 10 rumah dalam 3 hari itu. Ini temanku yang mengabadikan gambar, namaya Siirada Salwa kalau tidak salah, aku memanggilnya Wawa. Dia mengajariku pose siluet seperti itu dan aku suka dengan hasil jepretannya. Dalam perjalanan itu aku tahu, rombongan kami sangat kelelahan akan tetapi mereka sangat membuatku bahagia, kami berangkat kira-kira 50 orang, dan naik 3 song teuw  dan 1 mobil dosen. Aku menginap di hotel daerah Betong dan pagi-pagi sekali dijemput oleh teman-teman untuk melihat kabut di atas bukit di daerah Yala, dataran tinggi yang ada di Thailand selatan. Acara itu namanya adalah "Ziarah Rumah Kawan" kalau dalam bahasa Indonesia mungkin mengunjungi teman. Itu adalah acara rutin tahunan yang diadakan oleh anak-anak semester akhir yang kan lulus. Mereka akan membuat kunjungan ke seluruh rumah teman-teman mereka, bahkan ada yang akan berkunjung ke Bangkok yang jaraknya 16 jam dengan bus. Tetapi aku tidak ikut, dan aku tidak tahu apakah ada yang jadi berangkat ke sana. Di setiap rumah yang kami kunjungi mereka selalu menyajikan makanan khas yang ada di kota atau desa tersebut, mereka sering sekali memasaknya sendiri dengan tangan mereka sendiri untuk menjaga agar menjaga rasa dan kualitas rasa makanan khas tersebut. Sungguh perjalanan dan keramahan mereka sangat membuatku rindu. Aku hanya bisa berharap kalian semua dalam keadaan sehat dan bahagia. 

Komentar

Postingan Populer