Aku memotretnya dengan kamera telepon genggamku, saat sedang jalan-jalan ke Kota Tua Songkla bersama teman-temanku. Banyak sekali foto raja Thailand di museum itu. Aku juga merasakan betapa banyak masyarakat yang memajang fotonya di rumah-rumah mereka, wujud dari bakti dan hormat mereka barangkali. Pertama kali aku menginjakkan di tanah Thailand ini, wajahnya sudah berada di mana-mana. Ya, dulu aku belum tahu apa-apa tentang Thailand. Aku beruntung rasanya bisa tinggal di Thailand selama beberapa tahun ini, karena banyak sekali hal baru yang kutemui, termasuk budaya dan bahasanya. Museum yang aku datangi ketika itu juga merupakan rumah dengan bangunan yang sangat kuno dan sangat terawat. Aku suka sekali masuk ke dalamnya, seolah sedang berkunjung ke rumah raj karena ada begitu banyak foto tentang kehidupan raja sejak masih muda hingga meninggal.

Komentar

Postingan Populer