Bagaimana perjalanan bermula? Aku sebagai orang yang lahir dan besar di Jogja, bahkan pernah tinggal di daerah utara, belum pernah sekali saja aku pergi naik jeep ke Kaliurang. Suatu ketika aku bekerja di Thailand, di sebuah universitas milik kerajaan Thai. Baru empat bulan kerja di sana, aku sudah mendapat rejeki berlimpah, yaitu diberi tugas untuk ke Indonesia, tepatnya di Jogja untuk menemani puluhan guru Thailand studi banding. Bonusnya bisa mudik dengan biaya universitas, selain bisa bertemu dengan keluarga dan teman-teman, aku juga dapat bonus liburan sesuai agenda yang telah kami susun sebelumnya, salah satunya adalah trip ini. Perjalanan menggunakan mobil jeep ini sungguh tidak pernah kubayangkan, di dalam agenda pun, kupikir aku hanya akan menunggu di parkiran sambil ngopi dan makan gorengan bersama crew. Ternyata tidak, semua crew bahkan ikut terjun untuk mengambil gambar para guru yang sedang mengikuti tour ini. Awalnya aku merasa tidak perlu ikut karena itu hanya untuk turis yang sedang berlibur ke Jogja, ditambah ada sepupuku yang juga menjadi salah satu pemandu wisata di tempat itu. Aku kan masuk  kategori pulang kampung tetapi hari itu aku mejajal menjadi turis di kota sendiri. Rasanya, aneh-aneh menyenangkan juga. Terima kasih Semesta dan Thailand.

Komentar

Postingan Populer